Istana Maimun Dan Masjid Raya Medan - Wisata Seekers

28 Desember 2018

Istana Maimun Dan Masjid Raya Medan

ISTANA MAIMUN DAN MESJID RAYA MEDAN.

Istana Maimun Dan Masjid Raya Medan


      Sebagai traveller, tentu anda tidak mau berkunjung hanya tertuju pada satu tempat saja bukan?
 Nah..kalau kamu ingin berwisata ke Medan, ibukotanya Sumatera Utara ini,jangan lupa untuk mengunjungi sebuah musium yang termegah di Sumatera Utara,yaitu namanya musium Istana Maimun.

    Tentu anda sudah tau betul dengan istana Maimun ini, merupakan bangunan bersejarah dan menjadi ikonnya kota Medan Sumatera Utara. Istana ini merupakan peninggalan dari kerajaan Deli yang di bangun dengan ciri khas kerajaan melayu dengan warna kuning. Pada masa itu,istana maimun ini di sebut istana Putri Hijau.

   Istana maimun ini merupakan istana yang megah yang di dirikan pada zaman belanda,yang arsiteknya juga dari Belanda yang bernama Theodoor van Erp. Pembangunannya di lakuan pada masa ke Sultanan Deli yang bernama Ma'moen Al rasyid ,pada tanggal 28 agustus 1888 dan selesainya pada tanggal 18 mei 1891.

    Desainnya perpaduan sempurna dari unsur unsur  warisan kebudayaan melayu,Spanyol,India,Italia yang memakai nuansa islami. Bangunan ini terdiri dari 2 lantai dengan 3 bagian bangunan. Yaitu bangunan induk,bangunan sayap kiri dan sayap kanan. Bangunan induk untuk tempat singga sananya Raja.



    Menurut keluasannya, istana Maimun ini mempunyai luas areanya sekitar 2.772 meter persegi,yang mempunyai ruangan sebanyak 30 kamar. Kalau anda terus menyusuri ke dalam nya,akan terlihat perpaduan budaya Belanda,seperti yang terlihat perabotannya berupa lemari, meja, toilet, kursi, dan pintu. Juga terlihat pengaruh budaya Belanda di Marmer prasasti di depan tangga yang di tulis dengan bahasa Belanda.

     Kalau kita melihat lagi kekomplek istana, kita akan di suguhkan dengan sebuah meriam puntung.
Konon ceritanya, meriam puntung ini merupakan jelmaan dari adiknya Putri Hijau yang bernama Mambang Khayal, yang dilakukannya untuk pertahanan dari serangan pasukan  raja Aceh, Karena Pinangannya di tolak oleh Putri Hijau.

     Kalau Anda berkunjung kesini menghabiskan waktu liburmu,,harus beli tiket untuk masuk seharga Rp.5000 perorangnya. Didalam istana kamu bisa berfo foto di setiap sudut spot spot yang anda suka,dengan syarat masih memegang norma norma yang berlaku.

Istana Maimun Dan Masjid Raya Medan


     Dengan menyewa pakaian khas melayu beserta aksesorisnya yang sudah di sediakan oleh pihak yayasan seharga kira kira Rp.15000 sampai Rp.30.000 perstelnya,kamu bisa berfoto di singgasananya kerajaan baknya seorang keluarga bangsawan kerajaan melayu Deli.




     Oh ya Istana Maimun ini berlokasi di jalan Brigadir  jendral Katamso, kelurahan Sukaraja, kecamatan Medan Maimun.

    Untuk berkunjung kesini  ada jadwalnya juga lo!
Senin-Minggu. Pukul 08.00 s/d 17.00 wib.
Jum'at               Pukul 08.00 s/d 12.00 wib.

TRADISIONAL MUSIC MELAYU(life music)
Senin-Jum'at  Pukul 10.30 s/d 12.00 wib.
                   .     Pukul 14.00 s/d 15.00 wib.
Sabtu.               Pukul 14.00 s/d 15.30 wib.
Minggu.           Pukul 10.00 s/d 12.00 wib.

   Selagi anda menghabiskan waktu liburan di istana maimun,anda tidak perlu khawatir kalau sudah masuknya jadwal waktu sholat. Anda melangkah lebih kurang 200 meter dari depan istana,anda akan dapat melihat sebuah bangunan mesjid yang sangat indah yang sangat terkenal sekali di indonesia,khususnya kota Medan,yaitu Mesjid Raya Medan(Mesjid Al Mashun)

   Mesjid ini di bangun pada tahun 1906 dan selesainya pada tahun1909. Mesjid Raya medan merupakan saksi sejarah kehebatan suku melayu,sang pemilik dari kesultanan Deli, yang mempunyai gaya arsitekturnya khas Timur tengah,India, dan spanyol. Mesjid ini juga berbentuk segi delapan, dan mempunyai sayap di bagian Selatan,Timur, Utara,dan Barat.

Baca Juga : Menikmati Liburan dengan Keindahan Alam Danau Toba
Comments


EmoticonEmoticon

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done